Tuesday 27 November 2012

Resep Es Puter atau es Dung Dung




Bahan utama pembuatan es puter atau es dung dung ini tidak seperti es krim lainnya yang berbahan dasar susu, namun es puter ini berbahan dasar santan kelapa.


Bahan untuk adonan:
·         4 butir kelapa / 4 kaleng susu kental manis
·         8 liter air
·         4 bungkus agar-agar
·         12 kuning telur
·         24 sdm / 200 gr maizena
·         4 kg gula pasir
·         Aneka buah diblender / essence
·         Pewarna makanan secukupnya
·         Garam secukupnya

Bahan untuk memutar es :
·         ¾ balok es
·         3 kg garam krosok/kasar

Cara Pembuatan :
·         btr kelapa di kupas bersih dan diparut, lalu peraslah dengan air 8 liter, jika lebih suka susu, cairkanlah 4 kaleng susu kental manis dengan 8 liter air.
·          Rebuslah santan, bersama agar-agar bubuk, garam dan gula pasir.
·         Sebelum mendidih (lebih kurang (15 menit sebelumnya), masukkan kuning telur yang dikocok lepas dan tepung maizena yang sudah diaduk dengan air secukupnya.
·         Setelah matang, matikan api baru masukkan ekstrak buah atau essence secukupnya.

Tehnik memutar es :
·         Tuang adonan yang sudah disaring kedalam tabung, adonan haruslah sudah dalam keadaan dingin, minimal suhu kamar, akan lebih baik jika adonan sudah disimpan dilemari es, karena akan lebih memudahkan pembekuannya.

·          letakkan tabung didalam wadah yang cukup besar ( kalo bisa diameter wadah 2x diameter tabung)

·         diantara tabung dan wadah letakkanlah es batu yang sudah dipecah kecil-kecil, usahakan yang rapat, agar tidak banyak rongga udara, dapat dilakukan dengan menusuk-nusukkan kayu sehingga jika masih ada rongga es batu akan turun.

·         setelah es batu tertata rapih taburkanlah gram krosoknya.

·         pemutaran dapat mulai dilakukan, sebaiknya disaat memutar tabung dalam keadaan tertutup, begitu pula dengan wadahnya, sehingga uap dingin tidak banyak terbuang keluar.

·         tabung diputar perlahan searah jarum jam, setiap 15 menit aduk-aduklah adonan, sehingga adonan yang sudah mengeras dibawah dan tepian tabung dapat bertukar posisi dengan adonan yang masih cair ditengah. Jika sudah banyak yang membeku dapat dilakukan setiap 10 menit.

·         Jika es batu sudah banyak yang mencair, keluarkan airnya sedikit demi sedikit, tambahkan kembali es batu dan garamnya.

5 comments:

Anonymous said...

sukasuka

JATRA ONLINE said...

trima kasih atas resep" nya....

JATRA ONLINE said...
This comment has been removed by the author.
Cara membuat ice cream said...

Makasih resepnya, untuk resep Cara membuat es krim , silahkan berkunjung ke blog saya resep-masakan123.blogspot.com

zombie3 said...

Punyaaa BISNIS yang bisa dipantau dari mana aja itu menyenangkaaaan sekaliii...mau drumah..mau Sambil ngantor mau dimanaaa aja bisaaaa dikerjain

Modal mulainya murah..spesial join di bulan Maret hanya Rp.24.900 dah langsung bisa mulai bisnisnya, resikonya kecil, produk yang dipasarin nyataa, hasilnyaa nyataaa...klo paket komplit gini masi blm jugaa mau dicobaaaa atau diseriusin rasa2nya sayang bgt yaaaaa !!

Inbox aja ya untk yg minat join nanti akan di bagi infonya tentang bisnis masa kini yg bisa dijalanin darimana dan kapanpun juga..

Yang berminat inbox di 081355738328
atau email riafakhriyah24@gmail.com